PEMETAAN KD PENJASKES KELAS I-VI EDISI REVISI 2018
Oleh : Bambang Jatmiko, S.Pd / http://daurotak.blogspot.com
Ada 8 Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
KELAS I
KELAS I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Mengetahui
konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4 Mengetahui
konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.5 Mengetahui
konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
3.7 Mengetahui
perbedaan bergerak di air dan di darat dalam aktivitas air.*
3.8 Mengetahui
bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya
terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki,
serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
3.9 Mengetahui
dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan
pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4 Mempraktikkan
aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan
kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional.
4.5 Mempraktikkan
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayu, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7 Mempraktikkan
berbagai bentuk permainan pengenalan air dalam aktivitas air.*
4.8 Mempraktikkan
cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh
sendiri terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan
dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.
4.9 Menceritakan
dampak jangka pendek selama dan setelah melakukan aktivitas fisik.
|
KELAS II
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Mengetahui
konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3 Mengetahui
konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.4 Mengetahui
konsep menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak
secara lentur dan lincah dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.5 Mengetahui
konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis
(menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
aktivitas senam.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
3.7 Mengetahui
konsep dasar pengenalan, gerak dasar lokomotor, permainan dengan alat, dan
keselamatan diridi air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki, tangan
dan tubuh dalam aktivitas air *.
3.8 Memahami
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.9 Memahami
manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.
3.10 Mengetahui
apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4 Mempraktikkan
cara menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas
pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh
melalui permainan sederhanadan atau tradisional.
4.5 Mempraktikkan
variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
4.7 Mempraktikkan
berbagai gerak dasar pengenalan, gerak dasar lokomotor, permainan dengan alat
dan keselamatan diridi air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki,
tangan dan tubuh dalam aktivitas air *.
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.9 Mempraktikkan
pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan
tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
|
KELAS III
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 Mengetahui
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan
pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis
(menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
aktivitas senam.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
3.7 Mengetahui
konsep gerak dasar mengambang (water
trappen) dan meluncur di air dalam
aktivitas air. *
3.8 Mengetahui
konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga
kesehatan.
3.9 Mengetahui
manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang
diikuti.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.4 Mempraktikkan
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan
pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor danmanipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
rimtik.
4.7 Mempraktikkan
gerak dasar mengambang dan meluncur di air dalam aktivitas air.*
4.8 Mempraktikkan
pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga
kesehatan.
4.9 Memakai
pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
|
KELAS IV
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.2 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola
kecil.
3.3 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan
lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui
permainan dan atau olahraga tradisional.
3.4 Memahami
konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat
badan ideal.
3.5 Memahami
konsep kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk membentuk
keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb).
3.6 Mengetahui
konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya
daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
ritmik.
3.7 Mengetahui
konsep keterampilan gerak salah satu gaya renang.*
3.8 Memahami
konsep makanan bergizi dan jajanan sehat menjaga kesehatan tubuh.
3.9 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
3.10 Memahami
jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan
aktivitas fisik.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasipola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola besar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau
olahraga tradisional.
4.4 Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan
ideal.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk membentuk
keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb).
4.6 Mempraktikkan
gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.7 Mempraktikkan
keterampilan gerak salah satu gaya renang.*
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan memilih jajanan
sehat.
4.9 Menceritakan
secara sederhana pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.10 Mempraktikkan
cara penanggulangan cidera secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik.
|
KELAS V
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
3.1 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.2 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.3 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor
lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
3.4 Memahami
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.5 Memahami
konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)untuk
pengembangan kebugaran jasmani.
3.6 Memahami
konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat,
menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik
dasar senam menggunakan alat.
3.7 Memahami
konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya
daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak ritmik.
3.8 Memahami
konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas
air.*
3.9 Memahami
manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
3.10 Memahami
cara menjaga diri dari berbagai tindakan/perilaku tidak senonoh.
3.11 Memahami
bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
3.12 Memahami
pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan
lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.5 Mempraktikk
aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.6 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
menggunakan alat.
4.7 Mempraktikkan
kombinas gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah
dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.8 Mempraktikkan
salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.*
4.9 Menceritakan
cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.10 Menceritakan
cara menjaga diri dari berbagai tindakan/perilaku tidak senonoh,
4.11 Menceritakan
bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.12 Menceritakan
pengaruh beberapa aktivitas fisik terhadap tubuh.
|
KELAS VI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
3.1 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola besar.
3.2 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
3.3 Memahami
konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan
lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga
tradisional.
3.4 Memahami
konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan
dan kaki) olahraga beladiri.
3.5 Memahami
konsep latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani
pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung
kemampuan melakukan push up, menghitung kelentukan tungkai).
3.6 Memahami
konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat
dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam.
3.7 Memahami
konsep penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana
bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.8 Memahami
konsep keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar
penyelamatan terhadap orang lain.
3.9 Memahami
konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
3.10 Memahami
jenis dan cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan
zat aditif terhadap tubuh.
3.11 Memahami
dan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola besar.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar
dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan
kaki) olahraga beladiri.
4.5 Mempraktikkan
latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani pribadi
secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan
melakukan push up, menghitung kelentukan tungkai).
4.6 Mempraktikkan
rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat dan
kontrol yang baik dalam aktivitas senam.
4.7 Mempraktikkan
penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana bertema
budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak ritmik.
4.8 Mempraktikkan
keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar
penyelamatan terhadap orang lain.
4.9 Menyajikan
konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.10 Menyajikan
jenis dan cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan
zat aditif terhadap tubuh.
4.11 Menyajikan
cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran.
|
oc...sobat blogger mudah-mudahan bermanfaat...
please..tinggalkan coment,kritik dan sarannya..trimakasih...
Bang..untuk pemetaan KD Penjas tsb apa bisa kita buat sendiri?
ReplyDelete