test

Saturday, May 18, 2019

PESANTREN KILAT BULAN RAMADHAN 2019

JENDELA RAMADHAN
SD NEGERI 1 SRIMULYO KEC. BELITANG MULYA



Kepala Sekolah Bpk. H. Suwardi, S.Pd.SD
Jum'at 17 Mei 2019 " Pesantren Kilat Ramadhan yang di adakan di SD Negeri 1 Srimulyo Kec. Belitang Mulya di ikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru, merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh sekolah, pesantren, masjid atau mushola untuk mengisi libur sekolah selama bulan puasa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keimanaan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama. Secara umum pengertian Pesantren Kilat mengandung dua kata kunci, yaitu pesantren dan kilat. Pesantren yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat kyai yang bertugas mendidik dan mengajar para santri dengan menggunakan sarana mesjid, madrasah, dan didukung adanya pondok tempat tinggal para santri. Kilat karena dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Secara khusus, pengertian Pesantren Kilat adalah salah satu sarana alternatif kegiatan yang dilakukan saat bulan ramadhan, dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT ".


Tujuan dilaksanakan Pesantren Kilat bagi anak diharapkan dapat :

  • Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan anak tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ; 
  • Memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran ; 
  • Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.

Tampak seorang siswi sedang membacakan ayat suci Al-Qur'an

        Pesantren kilat adalah saat yang tepat juga untuk memberikan pemahaman mengenai healthty living atau hidup sehat. Sangat baik mengajarkan kepada anak-anak apa saja yang baik dilakukan setiap hari dari pagi hingga malam hari. "Hidup sehat tak cuma olah raga dan makan makanan sehat saja. Tetapi mereka diberi pengertian juga untuk mulai membersihkan kamar dan lingkungannya, seperti menyapu, mengepel, dan bersih-bersih”




Foto dewan guru beserta siswa 

        Program seperti inilah yang dinilai oleh dewan guru SD Negeri 1 Srimulyo sangat ideal diberikan kepada peserta pesantren kilat. "Jika hanya pemahaman keislaman saja yang diberikan, itu terlalu sederhana. Sementara amal saleh atau hands on-nya belum dilakukan. Dengan materi menyeluruh, anak-anak jadi tahu apa yang seharusnya ia lakukan setiap hari di dalam kehidupan sosialnya. Anak-anak pun jadi tak malas berbuat sesuatu yang baik," kata Emmy. Nah, begitu banyak manfaat Pesantren Kilat Ramadhan bagi anak.





mudah - mudahan kegiatan semacam ini dapat di tingkatkan lagi di masa-mas yang akan datang

1 comment:

  1. mantap pak, semoga bisa memberikan yg terbaik bgi bangsa

    ReplyDelete