test

Saturday, February 16, 2019

CARA MERUBAH LOGO FAVICON BLOG

RUBAH LOGO FAVICON BLOG AGAR LEBIH MENARIK
Oleh : Bambang Jatmiko, S.Pd

     Logo atau gambar seperti di samping ini, sering sekali kita jumpai kalau kita membuka sebuah artiklel dalam sebuah blog, logo ini adalah bawaan dari tema blog "www.blogger.com", walaupun logo tersebut terapan dari tema blog, akan tetapi logo tersebut dapat kita ubah sesuai dengan karya kita, desain kita atau kita sesuaikan dengan abjad nama kita, mengapa demikian?...Jelas, artikel yang kita buat harapannya tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi orang yang berkunjung ke blog kita akan lebih tertarik lagi dengan tampilan-tampilan desain logo, tamplete blog,judul dll, sehingga para pengunjung blog tidak jenuh dengan tampilan blog kita yang hanya itu melulu.
okey, sebelum saya coba bagikan caranya, artikel ini di buat bagi para blogger yang memang sudah sering sekali menulis blog, jadi bagi pembacanya saya anggap sudah memiliki blog, hehehee..

langsung saja ya

  • Buka laman blog anda di 'www.blogger.com" tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
  • Pada Nomor 1 klik "Tata letak"





  • Perhtikan gambar pada Nomor 3 klik  Edit pada"logo favicon"


      • Setelah klik edit seperti gambar di atas, akan muncul laman seperti gambar di bawah ini, lalu klik "Choose file" (perhatikan gambar), perlu di ingat bahwa ketika kita akan upload logo yang kita inginkan, hendaknya kita pahami ukuran file logo yang akan kita gunakan, 
      • gambar/logo yang akan kita gunakan harus berukuran bujur sangkar dengan kapasitas ukuran di bawah 100 kb (bujur sangkar), misal : Panjang 80 Lebarnya jg harus 80 gitu...




      • Sebagai contoh misalnya saya akan mengganti logo bawaan blog saya dengan huruf "J" yang sesuai dengan ejaan nama saya, perhatikan gambar di bawah ini
      • Kalau anda seorang yang ahli desain logo, kalau anda seorang yang ahli di bidang corel draw anda bisa desain sendiri logonya asalkan sesuai dengan kapasitas yang di anjurkan, kalau saya hanya mengandalkan searching di mbah google aja..maklum, masih belajar...


      • Perhatikan huruf "J" yang saya tandai di atas>>ukuran itu adalah ukuran  asli, nahh..bagaimana cara merubahnya biar bisa jadi ukuran di bawah 100kb?...jangan khawatir saya akan berikan tipsnya
      • Buka di mana anda menyimpan logo yang anda inginkan, misalnya saya menyimpannya di "picture", perhatikan gambar di bawah ini



      • Setelah muncul seperti gambar di atas, klik kanan pada logo yang akan kita rubah ukurannya menjadi di bawah 100kb, kemudian klik "open with" pilih "paint"

      • Perhatikan gambar di bawah ini, setelah muncul laman "paint" saya akan merubah ukurannya menjadi 80x80


      • Setelah selesai klik simpan, anda akan melihat hasilnya, perhatikan gambar di bawah ini


      • Jika pada laman "tata letak" blog anda sudah seperti gambar di atas itu berarti sudah berhasil, tinggal klik simpan, dan perhatikan gambar di bawah ini inilah hasilnya 

      nahhh..mudah kan...selamat mencoba...<<trik selanjutnya>>

      0 komentar:

      Post a Comment