test

Friday, March 1, 2019

SMK PGRI 1 BELITANG KAB. OKU TIMUR

SMK PGRI 1 BELITANG MENERIMA PENDAFTARAN SISWA BARU TAHUN AJARAN 2019/2020


Bpk. Kabul, SE Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Belitang di sela-sela obrolannya dengan www.carajatmiko.com beliau mengatakan "Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Teknik mesin biasanya terdiri dari : Perancangan Mekanik dan Konstruksi Proses Manufaktur dan Sistem Produksi Konversi energi Ilmu Bahan / Metalurgi Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan globalisasi seperti saat ini.



Mengapa harus "Teknik mesin otomotif"

        Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Hal ini tidaklah salah, tetapi kurang tepat. Karena untuk dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif, kamu perlu cukup masuk ke kursus-kursus otomotif. Bahkan, jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif, maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam hal memperbaiki mesin-mesin otomotif. Jadi, teknik mesin mengajarkan lebih dari itu. akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin,yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya), jelaslah bahwa seorang anak yang bersekolah di STM teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan persoalan.

SOLUSINYA ADALAH SMK PGRI 1 BELITANG 

        Mengapa di katakan sebagai solusi?..banayk yang mengatakan masuk sekolah SMK PGRI 1 Belitang adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi angka pengangguran, sudah banyak terbukti siswa-siswa jebolannya banyak sekali yang masuk ke bengkel-bengkel ternama/membuka usaha bengkel sendiri, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali siswa yang berminat sekolah di SMK 1 Belitang, hal ini tentunya di dasari adanya pengalaman praktis yang kelak sangat bermanfaat.
Tentu harapannya ketika siswa sudah lulus dari STM PGRI 1 Belitang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapai jika tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi minimal mereka sudah memiliki pengalaman kerja yang sudah di dapatkan baik di sekolah maupun ketika menjalankan program PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Hal yang dipelajari dalam teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif, sedangkan mekanik otomotif hanya dapat memperbaiki sesuatu berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan selama pelatihan. Teknik mesin sangat dibutuhkan dalam era industrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia, maka dibutuhkan banyak tenaga kerja yang dapat menangani alat-alat industri yang ada dan dipakai di Indonesia. Untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja tersebut, maka dibutuhkan teknik mesin. Dalam memilih suatu penyelesaian perlu dpertimbangkan prinsip-prinsip keandalan, keselamatan, dan ekonomi. Prinsip keandalan adalah pedoman mengenal fungsi alat dan kapasitasnya, yang harus dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh dunia industri. Prinsip keselamatan mempertimbangkan tingkat keselamatan alat jika terjadi kecelakaan.


SMK PGRI 1 Belitang tidak hanya sekedar mempelajari mesin Otomotif, tetapi di sela-sela peringatan hari-hari besar Nasional selalu aktif di berbagai bidang, olahraga





Penanaman sikap disiplin, sportifitas, kekeluargaan baik antar murid dan dewan pendidik sangat di utamakan.


Bagi anda calon siswa yang berminat bergabung dengan STM PGRI 1 BELITANG, bisa langsung saja datang ke kantor SMK PGRI1 BELITANG dengan alamat Desa Rantau Jaya Kec. Belitang Madang Raya Kab. OKU Timur, untuk persyaratan pendaftaran lihat lampiran brosur di atas.

0 komentar:

Post a Comment