test

Tuesday, November 13, 2018

CARA BERISTIRAHAT YANG BENAR SETELAH BERMAIN SEPAK BOLA

BAGAIMANA POLA ISTIRAHAT YANG BENAR?
Oleh : Bambang Jatmiko, S.Pd


          Pada aktifitas apapun selama itu membutuhkan tenaga,daya ledak otot,berpikir tingkat tinggi semua itu membutuhkan waktu untuk beristirahat, karena dengan beristirahat yang benar akan mengembalikan kondisi tubuh kita menjadi fit kembali.
Hnaya saja tanpa kita sadari terkadang setelah kita melakukan kegiatan yang melelahkan,kita selalu mengabaikan walaupun tubuh kita sebetulnya masih kurang fit.

Nahhh..di bawah ini saya akan coba berbagi bagaimana cara mengistirahatkan tubuh yang benar.
di bawah ini saya akan ambil tema :

BAGAIMANA MEMPERBAIKI KONDISI TUBUH SETELAH BERMAIN SEPAK BOLA?

Berikut tipsnya:

  1. Ketika kita mempunyai rencana esok hari mau bermain sepak bola tentunya kita harus menjaga kondisi tubuh, misal jangan bergadang/tidur terlalu larut malam kalau misalnya tidak ada kepentingan. Karena ini  juga akan sangat berpengaruh ketika kita beraktifitas di lapangan, biasanya yang di rasakan tubuh menjadi lemas/sering menguap akhirnya kegiatan yang kita lakukan menjadi tidak maksimal.
  2. Pola makan, bagaimana pola makan yang benar? pastikan kita dapat menyesuaikan dan memilah milah kira-kira makanan apa yang yang baik untuk kita konsumsi
  3. Air minum, ini juga merupakan kebutuhan pokok bagi metabolisme tubuh kita, karena di dalam tubuh kita selain ada oksigen dan darah juga di dalamnya harus ada suplai kebutuhan air yang cukup, terkadang kita mengabaikan kebutuhan air ini, pastikan dalam sehari kita mengkonsumsi air putih yang cukup dan tidak di anjurkan untuk minum minuman yang bersuplai vitamin,berwarna, berkadar gula tinggi, kenapa?...perlu di ingat bahwa semua minuman yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kinerja ginjal kita.
INGAT!..AIR PUTIH  ADALAH YANG TERBAIK,BUKAN YANG LAIN

BAGAIMANA CARA MENGATASI KESELEO?

Kalau kita berbicara masalah Sepak Bola,pasti dalam benak kita permainan ini tidak terlepas dengan kata "KESELEO",bagimana cara yang benar menghadapinya?
Keseleo/cidera ringan dapat kita obati sendiri,kalau kita mengetahui bagimana caranya.
selama ini kita selalu salah kaprah dalam cara mengobati keseleo,sebetulnya cara yang benar adalah:

  • Tidak di anjurkan untuk menggunakan balsem/sejenisnya, karena justru hal inilah yang tambah akan memancing otot kaki/tubuh menjadi tidak normal apabila di lakukan secara terus menerus, yang benar adalah menggunakan pendingin, bisa air dingin biasa, es batu yang telah di haluskan, caranya cukup gampang, cukup balurkan pada bagian yang cidera ringan sambil di pijit-pijit searah dengan ligamen yang ada di tubuh kita.
  • Konsumsi air putih secukupnya sebelum bermain bola, lakukan pemanasan minimal 10-15 menit sebelum permainan di mulai
  • Perhatikan keamanan misal : pastikan kodisi kuku tangan,kaki dalam dalam keadaan di potong pendek, karena kalau berkuku panjang iki selain akan membahayakan diri sendiri juga mebahayakan bagi orang lain.
  • Assecoris, tidak di perkenankan dalam permainan sepak bola menggunakan assecoris yang mebahayakan, misalnya gelang besi/tembaga, kalung dari besi/tembaga, anting-anting, karena itu juga sangat beresiko dan membahayakan orang lain
oc..sobat blogger..mudah-mudahan sedikit tips ini bermanfaat.

tak kalah pentingya jaga seportivitas ya...hehehehe


0 komentar:

Post a Comment