test

Wednesday, November 14, 2018

TIPS GERAKAN PEMANASAN SEBELUM BEROLAH RAGA

BAGAIMANAKAH URUTAN GERAKAN PEMANASAN YANG BENAR SEBELUM BEROLAH RAGA?

Oleh: Bambang Jatmiko, S.Pd


        Haloo...sobat blogger, kalau kita membicarakan tentang gerakan pemanasan tentunya ini berkaitan dengan seberapa berat pola gerak tubuh yang akan kita lakukan.
tetapi tidak hanya itu, gerakan pemanasan sebetulya wajib kita lakukan apapun bentuk kegiatan yang akan kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, selama gerakan/kegiatan yang akan kita lakukan membutuhkan kesiapan otot.

KENAPA KITA HARUS MELAKUKAN PEMANASAN?

jawabannya simple, agar otot kita siap menerima beban latihan

nahhh..di bawah ini saya akan coba membagikan bagaimana sih cara melakukan gerakan pemanasan yang benar.... gerakan pemanasan yang benar adalah gerakan yang berurutan bukan gerakan acak, gerakan pemanasan harus kita mulai dari anggota tubuh kita yang paling atas yaitu "kepala" inilah yang kadang selama ini membuat kita bingung, akhirnya kita sering sekali melakukan gerakannya menjadi kurang pas dengan fungsinya. berikut


  1. Gerakan pada kepala, kita bisa jabarkan dengan berbagai variasi gerakan sesuai dengan fungsinya
  2. Gerakan bahu, sebagai contoh misalnya dengan merentangakan tangan lurus, kemudian bahu mulai di gerakkan di putar ke depan dan belakang
  3. Gerakan tangan dengan berbagai variasi gerak
  4. Gerakan punggung dengan bebagai variasi gerak
  5. Gerakan pinggang dengan berbagai variasi gerak
  6. Gerakan kaki secara bergantian kanan dan kiri
Ingat sobat, gerakan-gerakan di atas masih dapat kita kembangkan lagi menjadi berbagai macam variasi gerak asalkan tetap berurutan, tergantung kebutuhan tubuh kita, sebaiknya kegiatan di atas tetap di lakukan sebelum kita melakkukan kegiatan olahraga apapun, tentunya selain bertujuan agar otot tubuh siap menerima beban latihan, keguatan ini juga dapat menghindari tubuh kita agar tidak cidera, misalnya rentan keseleo dan sebaganya.

Demikian sedikit tips begbagi saya, mudah-mudahan bermanfaat.

1 comment: